About Me

Foto Saya
FeBrizal Ahmad Syah
Sejatinya, kita tak pernah sungguh - sungguh sendiri, sebab sepi pasti akan menemani.-anonim-
Lihat profil lengkapku

Pengikut

Total Tayangan Halaman

uDankeby. Diberdayakan oleh Blogger.
Senin, 02 Januari 2012

Tabel Periodik Unsur (GElemental)

GElement sebenarnya merupakan aplikasi yang dapat dipasang pada setiap sistem operasi Linux. Menurut saya GElement atau dengan nama sedikit beda GElemental namun tampilannya lebih bagus.
berikut gambar dari aplikasi GElemental :





Tapi kali ini saya membahasannya setelah saya mencoba menggunakan ChemPup dalam Puppy Linux. Seperti halnya aplikasi yang menyajikan tabel periodik tentu akan memberikan informasi sedatail mungkin dengan tampilan yang sangat menarik. Tak terlalu banyak lebih-nya pada aplikasi yang satu ini. Pada GElement ini kita bisa melihat properti terkait unsur masing-masing mulai dari informasi yang tergolong umum, sifat fisik, maupun sifat atomiknya.
berikut penampakannya: 









Dari tabel ini kita juga bisa menelusuri lebih lanjut mengenai sumber yang dijadikan patokan pemberian nilai-nilai variabel sifat.





Berikut ini adalah screenshoot tampilan GElement model list, bukan dalam bentuk tabel seperti yang terlihat pada gambar-gambar sebelumnya. Kita bisa mengurutkan berdasarkan header tabel list yang ada juga bisa melihat sifat berdasarkan sifat umum (general), sejarah, sifat fisik, sifat termal, sifat atomik, bentuk kristalografik, elektronik dan sebagainya.








Aplikasi ini sangat cocok digunakan mengajarkan materi yang terkait dengan sistem periodik, struktur atom dan kimia unsur.
Meskipun saya belum mendapatkan yang dapat dipasang di sistem operasi windows, softaware serupa sudah banyak tersedia, baik dalam bentuk flash maupun web atau yang harus diinstall terlebih dahulu.
Sumber: http://urip.wordpress.com/2011/06/08/gelement-tabel-periodik-unsur-yang-memberi-banyak-informasi/





0 komentar: