About Me

Foto Saya
FeBrizal Ahmad Syah
Sejatinya, kita tak pernah sungguh - sungguh sendiri, sebab sepi pasti akan menemani.-anonim-
Lihat profil lengkapku

Pengikut

Total Tayangan Halaman

uDankeby. Diberdayakan oleh Blogger.
Senin, 02 Januari 2012

HYPERCHEM


Program HyperChem, merupakan program kimia aplikasi 32 bit, yang dikembangkan oleh HyperCube Inc untuk system operasi Windows 95/98 dan Windows NT. HyperChem merupakan program yang handal dari pemodelan molekul yang telah diakui mudah digunakan, fleksibel dan berkualitas. Dengan menggunakan visualisasi dan animasi tiga dimensi hasil perhitungan kimia kuantum, mekanika dan dinamika molekular, menjadikan HyperChem terasa sangat mudah digunakan dibandingkan dengan program kimia kuantum yang lain.



Hyperchem, merupakan tools dasar dalam molecular modeling. Software ini dapat digunakan untuk menggambar struktur kimia, optimasi geometri dengan berbagai macam model, study molecular dinamik dasar, study QSAR, dll.


HyperChem ialah suatu program simulasi dan pemodelan molekular yang memungkinkan perhitungan kimiawi yang kompleks. HyperChem mencakup fungsi-fungsi berikut:
1.   Membuat sketsa dwimatra (2D) molekul dari atom-atom penyusunnya, lalu mengubahnya menjadi model      trimatra (3D) dengan HyperChem Model Builder.



2.      Memilih residu-residu standar secara berurutan dari perpustakaan asam amino dan nukleotida HyperChem/Lite untuk membangun protein dan asam nukleat.
3.      Membaca tipe atom dan koordinat molekular yang telah disimpan sebagai arsip HIN (masukan HyperChem yang dibuat sebelumnya) atau arsip ENT (mengambil dari sumber lain, yaitu Brookhaven Protein Data Bank/PDB)
4.      Menata kembali molekul, misalnya dengan memutar atau menggesernya.
5.      Mengubah kondisi tampilan, termasuk penampakan ruang, model molekul, dan label struktural.
6.      Merancang dan melakukan perhitungan kimiawi, termasuk dinamika molekular.
Tersedia berbagai metode mekanika molekular maupun mekanika kuantum (semiempiris atauab initio). Perhitungan mekanika molekular menggunakan medan gaya MM+, AM-BER, BIO+, atau OPLS, sedangkan mekanika kuantum semiempiris meliputi extended Hückel, CNDO, INDO, MINDO3, MNDO, AM1, PM3, ZINDO/I, dan ZINDO/S.
7.      Penetapan efek isotop dalam perhitungan analisis vibrasional untuk metode-metode SCF ab initio dan semiempiris.
8.      Membuat grafik Excel dari hasil perhitungan kimiawi.
9.      Mensolvasikan molekul dalam kotak periodik.

Program Kimia menyediakan fasilitas pembuatan model tiga dimensi (3D), perhitungan mekanika molekular dan mekanika kuantum (semiempiris dan ab initio). Disamping itu tersedia pula databasedan program simulasi Monte Carlo dan molecular dynamics (MD)
.



Untuk mempelajarinya bisa klik (Di sini) atau jika mau tau update-an terbaru dari software ini bisa dilihat di (situs resminya Hypercham)  atau mau lihat dulu tutorialnya? klik Download Tutorial Hyperchem 8 dari sini semua hanya ada 4 file.
Yaitu: Cara melakukan rendering, dasar-dasar untuk melakukan Raytrace Image, Cara mencari database molekul yang tersedia di Hyperchem, serta contoh analysis vibrasi dari molekul air.

untuk lebih jelasnya bisa anda download tutorial Hyperchem di : http://www.chemistry-software.com/pdf/hyperchem_getting_started.pdf


sumber : http://urip.wordpress.com , http://www.faikshare.com ,  Harno D Prawono (Kimia komputasi) dan adesuherman09.student.ipb.ac.id





0 komentar: